Sunday, April 26, 2015

Cara menyesuaikan Layout dan Input Elemen disertasidan Tesis

Tutorial Laporan Penelitian ~ Pada tutorial sebelumnya telah disinggung mengenai pembuatan layout penulisan skripsi dan tesis. Layout disusun setelah tema penelitian diACC atau sebelum mulai penyusun skripsi, tesis dan disertasi.

Banyak mahasiswa bahkan bisa disebut semua menyusun skripsi dan tesis secara trial and error. Artinya dicoba tapi salah, dicoba lagi tapi salah lagi. Sebenarnya hal tersebut dapat dihindari jika diawali dengan menyusun layout atau master plan.

Setelah layout tersusun maka langkah selanjutnya menginput elemen-elemen ke dalam layout tersebut. Tujuan dari langkah ini untuk memudahkan dalam menyusun narasi lengkap hingga tiap-tiap paragraf naskah.

Penting diperhatikan bahwa sebuah susunan pelaporan penelitian harus sinkron dari BAB I PENDAHULUAN hingga BAB V PENUTUP. Konten narasi substansi di dalamnya harus berkesinambungan dan tidak keluar dari rel.

Dengan demikian input elemen-elemen di dalam layout bertujuan juga untuk sinkronisasi antar BAB. Titik-titik letak yang penting dalam sinkronisasi ini sebagai berikut:
  1. Perumusan Masalah (BAB I)
  2. Tujuan Penelitian (BAB I)
  3. Teori Utama (BAB II)
  4. Variabel Penelitian (BAB II)
  5. Hipotesis (BAB II)
  6. Definisi Operasional (BAB III)
  7. Tanggapan Responden (BAB IV)
  8. Hasil Uji Hipotesis (BAB IV)
  9. Pembahasan (BAB IV)
  10. Kesimpulan (BAB V)
Jika Anda mengimput elemen-elemen ke dalam 10 titik-titik tersebut dengan sinkron satu sama lain maka skripsi dan tesis secara keseluruhan sudah sinkron. Sisanya hanya tinggal ketrampilan input narasi untuk naskah lengkap.

No comments:

Post a Comment