Sunday, April 26, 2015

Cara membuat kuesioner survei untuk disertasi yang benar

Beberapa hal penting yang harus dilaksanakan sebagai berikut:

Bahasa Sederhana

Frase sederhana dan hindari bahasa ambigu. Jangan menggunakan jargon atau singkatan. Periksa tata bahasa dan ejaan dengan hati-hati dan jika perlu meminta orang lain untuk mencernanya. Buatlah kesan profesional sehingga responden menilai Anda sangat serius.

Jangan Terlalu Formal atau Informal

Kuesioner bukan dokumen resmi, tetapi di sisi lain harus standar. Kosa kata dan tata bahasa netral, hati-hati dan tidak menggunakan bahasa sehari-hari.

Mulailah Dengan Pertanyaan Menarik

Pertanyaan awal yang menarik dan relevan segera membuat responden langsung merasa "in" dalam kuesioner dan lebih mungkin mereka melanjutkan seluruh paket. Letakkan pertanyaan rumit di bagian akhir. Anda bisa mulai dengan satu atau dua pertanyaan non-khusus.

Jangan Gunakan Pertanyaan Terbuka

Ini terkait limit untuk coding dan analisis data. Pertanyaan-pertanyaan terbuka memerlukan tanggapan pribadi asli dan Anda tidak bisa melakukan kalibrasi validitas dan relibilitas terhadap jawaban esai.

Gunakan Skala Daftar Pilihan

Jika responden dihadapkan dengan daftar panjang pilihan, mereka mungkin menunda. Lima respon skala Likert merupakan desain yang ideal

Susun Pertanyaan Secara Logis

Satu pertanyaan harus logis mengikuti pertanyaan sebelumnya. Anda mungkin bisa memulai dengan satu atau dua pertanyaan umum dan kemudian disusul dengan pertanyaan lebih spesifik.

No comments:

Post a Comment