Sunday, April 26, 2015

Cara Membuat latarbelakang permasalahan tesis dan disertasi

Setiap menyusun proposal penelitian baik skripsi, tesis dan disertasi harus menjelaskan latar belakang diakukannya penelitian.

Bahasan ini bertempat di BAB I PENDAHULUAN pada SUB BAB Latar Belakang Masalah. Latar belakang masalah atau latar belakang penelitian memuat tentang permasalahan penelitian dan mengapa masalah tersebut perlu diteliti.

Sebuah teori menyatakan orang-orang cenderung membeli barang yang paling murah. Tapi sebuah perusahaan mengeluh bahwa produknya memiliki harga paling murah tetap kalah dalam jumlah penjualan dibanding produk pesaing.


Perusahaan tersebut telah menerapkan teori harga dengan baik, tapi di lapangan tidak terjadi semestinya. Kemudian perusahaan menyewa tim peneliti untuk melakukan penelitian untuk menjawab mengapa hal itu terjadi.

Penting di sini bahwa permasalahan penelitian setidaknya berasal dari beberapa sumber masalah sebagai berikut:
  1. Ada fenomena atau data lapangan.
  2. Ada perbedaan perspektif atau paradigma dari beberapa teori yang terkait.
  3. Ada kesenjangan di antara hasil penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya.
Latar belakang harus mampu mengemukakan minimal 2 sumber masalah di atas yaitu poin 1 dan 2. Latar belakang penelitian harus mempu menunjukkan letak masalah yang diteliti dari sumber-sumber masalah yang dikemukakan tersebut

Dengan demikian latar belakang harus dapat mengemukakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  • Apa fenomena yang penting dan mengapa penting?
  • Apakah fenomena tersebut pernah diteliti dan apa kelemahannya jika sudah diteliti?
  • Apa yang membedakan penelitian yang akan Anda lakukan dengan penelitian sebelumnya?

TIPS PRAKTIS UNTUK MAHASISWA

Ketika Anda sudah memiliki tema penelitian dan hendak menyusun latar belakang permasalahan berikut 2 langkah yang dilakukan yaitu:
  1. LANGKAH PERTAMA : Cari data pendukung fenomena. Data ini umumnya berupa dokumentasi yang bisa didapatkan di Badan Pusat Statistik (BPS), perusahaan, kantor kecamatan dan lain-lain.
  2. LANGKAH KEDUA: Cari hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang terkait, naskah ini berupa jurnal penelitian. 
Setelah kedua langkah tersebut tersedia maka mudah bagi anda untuk mulai menyusun latar belakang masalah. Tunjukkan dengan baik data-data di lapangan untuk membangun fenomena, kemudian kaitkan dengan jurnal-jurnal yang ada.

No comments:

Post a Comment